Minggu, 25 Oktober 2015

Pembahasan Hadits Tentang Tolong Menolong

TOLONG MENOLONG

            Agama islam adalah agama yang mengatur segala aspek kehidupan manusia, ajaran islam tidak hanya membicarakan hubungan manusia dengan sang pencipta saja, tetapi juga mengajarkan kepada pemeluknya, bagaimana cara hidup bermasyarakat yang baik.Karena manusia tidak terlepas dari hidup bermasyarakat, saling berhubungan satu dengan yang lainnya, maka islam mengajarkan bagaimana cara tolong menolong yanga baik yang diridhoi oleh Allah SWT.Berikut sabda Rasulullah saw. Yang mengajarkan kepada pemeluknya untuk saling menolong.
Hadits tentang tolong-menolong
المسلم اخوالمسلم لايظلمه ولايسلمه ومن كان فى حاجة اخيه كان الله فى حاجته ومن فرّج عن مسلم كربة فرّج الله عنه كربة من كربات يوم القيامة ومن ستر مسلما ستره الله يوم القيامة.
Artinya:
            “Seorang muslim itu saudara bagi muslim yang lain.Ia tidak boleh menganiaya dan tidak boleh menyerahkannya (kepada musuh).Barangsiapa membantu keperluan saudaranya, Allah akan (membalas) membantu keperluannya.Barangsiapa membebaskan seorang muslim dari kesusahan, Allah akan membebaskan satu kesusahan dirinya dari beberapa kesusahan pada hari kiamat.Barangsiapa menutupi aib seorang muslim, Allah akan menutupi aibnya kelak pada hari kiamat.”(H.R.Bukhari)
Kandungan hadits
            Dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Bukhari ini Rasulullah saw. menyatakan bahwa segenap kaum muslimin adalah bersaudara.Oleh karena itu sebagai bukti dari persaudaraan itu hendaknya satu sama lain saling menghormati hak masing-masing, tidak melakukan kedholiman dan kejahatan, bahkan satu sama lain harus saling membantu dan melindungi dari ancaman musuh maupun orang lain yang bermaksud tidak baik,serta selalu berupaya untuk membentuk kemaslahatan bersama.
            Maka barangsiapa yang berbuat seperti itu, Allah memberikan beberapa janji kepada mereka sebagaimana disebutkan dalam hadits tersebut, yaitu:
a.       Orang yang mau membantu saudara sesama muslim, Allah akan membantu dalam memenuhi kebutuhannya.
b.      Orang yang mau melepaskan penderitaan sesama orang muslim, Allah akan melepaskan kesusahannya di dunia dan akhirat.
c.       Orang yang mau menutupi aib saudara sesama muslim, Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di hari kiamat.
d.      Orang yang melangkan kesusahan saudara sesama muslim, Allah akan melapangkan kesusahannya di hari kiamat.
e.       Orang yang meringankan beban penderitaan saudara sesama muslim, Allah akan meringankan penderitaannya di dunia dan di akhirat.
f.       Kesediaan orang yang mau menolong saudara sesama muslim, Allah akan selalu menolongnya.

Oleh karena itu setiap muslim hendaknya berperangai mulia terhadap orang lain.Persaudaraan sesama muslim itu meliputi seluruh aspek kehidupan.Dan balasan Allah kepada orang yang berbuat baik itu tidak terbatas kepada berhasil tidaknya pekerjaan itu, tetapi terletak pada niat dan usahanya.  
Previous Post
Next Post

3 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah kontol ini, kali gitu si AKI sekarang udah kaya lah ya, tanpa kerja tanpa apapun, cuma semedi dapat duit, kaya memang AKI ini kaya ASU

      Hapus
  2. Saya kurang yakin dengan pengalaman yang ibu paparkan. Sebab setahu saya dalam Islam tidak ada amalan khusus yang bisa membuat seseorang memperoleh rizki yang besar secara instan (mendadak).Islam adalah agama yang logis dan rasional. Bila kita ingin memiliki uang banyak, maka disamping sambil berdo'a memohon kpd Allah juga harus kerja keras dan profesional (bersungguh-sungguh dan memiliki keahlian pada bidang usaha yang kita geluti), dan itu biasanya melalui proses yang panjang. Memang khusus untuk orang yang taqwa Allah janjikan jalan keluar dan rizki dari jalan yang tidak disangka-sangka (Q.S : 78 : (2)-(3). Namun untuk jadi orang taqwa itupun perlu proses panjang dan tidak bisa didapat secara instan (mendadak). Lagipula orang yang taqwa itu biasanya tidak ambisi terhadap materi alias tidak tergiur dengan uang yang banyak atau harta yang berlimpah. Jadi saran saya kepada setiap Muslim, jikan ingin banyak uang kerja keraslah dan profesional sambil mohon kepada Allah agar kita memperoleh rizki yang berkah (bermanfaat untuk diri sendiri dan orang banyak).Amin.

    BalasHapus