Selasa, 06 Oktober 2020

Pembahasan Hadits tentang Sholat diatas Hewan Tunggangan

 Shalat di atas hewan tunggangan

------------------

Sahih al-Bukhori:1035


عَنْ جَابِر بْن عَبْدِ اللَّهِ:

 أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي عَلَى رَاحِلَتِهِ نَحْوَ الْمَشْرِقِ، فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يُصَلِّيَ الْمَكْتُوبَةَ نَزَلَ فَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ.

Dari Jabir ibn Abdillah:

Bahwa Nabi saw mendirikan shalat diatas hewan tunggangannya menghadap ke timur. Jika beliau hendak melaksanakan shalat wajib, maka beliau turun dan melaksanakannya dengan menghadap qiblat.

Pesan :

            Ketika bepergian jauh, Rasulullah melaksanakan shalat sunnah di atas hewan tunggangannya, jika beliau hendak shalat fardu, beliau turun terlebih dahulu, menghadap qiblat dan melaksanakan shalat fardu tersebut. 

            Hadits diatas menjelaskan tentang bagaimana melaksanakan sholat diatas hewan tunggangan. Seperti yang di contohkan Rasulullah saw., bahwasannya ketika Rasulullah saw. bepergian dengan naik hewan tunggangan dan ketika beliau hendak melaksanakan sholat sunnah, beliau melaksanakannya diatas hewan tunggangannya tersebut, kemanapun hewan tunggangan itu menghadap beliau sholat sebagaimana hewan tunggangan itu menghadap. Tetapi ketika beliau saw. hendak melaksanakan sholat fardhu / sholat wajib beliau turun dari hewan tunggangannya kemudian sholat menghadap kiblat.

            Jadi, ketika kita bepergian dengan tunggangan dan hendak melaksanakan sholat sunnah, bisa melaksanakan diatas tunggangannya. Tetapi ketika hendak melaksanakan sholat wajib maka hendaknya turun dari tunggangannya dan menghadap kiblat. Wallahu a'lam bisshawab.

semoga bermanfaat.

            


Previous Post
Next Post

0 Comments: